Spirit of Aqsa, Palestina – Gerombolan yahudi kembali berulah. Mereka memaksa masuk ke Masjid Al-Aqsa untuk melakukan ritual Talmud di pelataran kiblat pertama umat Islam itu. Ironisnya, aksi ilegal itu mendapat pengawalan ketat dari pasukan penjajah Israel.

Menurut sumber di lokasi, sekitar 100 orang yahudi menyerbu masuk pelataran Masjidil Aqsha, bersama sejumlah pendeta ekstrimis yahudi, mereka kemudian melakukan ritual Talmud di pelataran Al-Aqsa.

Disebutkan bahwa pasukan Israel menyerbu masjid dan mengosongkan kawasan timur dari para jamaah, untuk memudahkan kelompok yahudi memasuki kawasan Masjidil Aqsha

 Sebelumnya kelompok permukiman zionis menyerukan untuk melakukan serbuan besar ke Masjidil Aqsha, dalam rangka peringatan “Hancurnya Kuil Yahudi” mulai hari Senin sampai Kamis yang bertepatan dengan hari Arafah.

Khatib Masjidil Aqsha, syekh Ikrimah Shabri menyerukan kepada segenap warga Al-Quds untuk mengintensifkan kehadiran ke Masjidil Aqsha di hari Arafah, dan melakukan buka puasa bersama di pelatarannya, untuk menghadang serbuan kelompok yahudi dalam peringatan runtuhnya kuil yahudi.

Syekh Ikrimah memperingatkan bahaya serbuan kelompok pemukim yahudi, dalam upaya mereka mengambil kendali baru di Al-Aqsha.

Khatib Masjidil Aqsha menyatakan, momentum keagamaan yang banyak di kalangan yahudi, mereka jadikan alasan untuk mengintensifkan serbuan masuk Al-Aqsha, dan menerapkan kendali Israel di sana, setelah sebelumnya mereka gagal dalam peristiwa pintu gerbang tahun 2017 lalu.

Syekh Shabri menegaskan bahwa semua referensi keagamaan di Al-Quds menolak keras serbuan kelompok yahudi ke Al-Aqsha, dan menuntut pihak Israel untuk bertanggung jawab atas dampak pelanggaran yang mereka lakukan terhadap Masjidil Aqsha.

Serbuan ke Al-Aqsha ditujukan untuk menodai kemuliaan Masjidil Aqsha, dan mempersempit ruang gerak kaum muslimin, seperti yang pernah terjadi tahun lalu, dimana peringatan runtuhnya kuil yahudi bersamaan dengan Idul Adha, saat itu pihak aparat keamanan Israel melakukan penganiayaan terhadap para jamaah kaum muslimin.

Dalam konteks terkait, pihak departemen wakaf Islam di Al-Quds menginformasikan kesiapan menyambut kaum muslimin yang akan hadir ke Masjidil Aqsha di hari Arafah dan Idul Adha.a

Pihak departemen wakaf tetap memberlakukan prosedur ketat di pelataran dan pintu gerbang, terkait penyebaran wabah corona. (Palinfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here