Oleh: Ustaz Asep Sobari (Pendiri Sirah Community Indonesia)

Kabar kematian Rasulullah SAW menjadi musibah terbesar bagi kaum muslimin. Gerakan murtad terjadi di mana-mana, muncul nabi palsu, hingga ada kelompok yang enggan mengeluarkan zakat. Hal tersebut menjadi ancaman besar di Jazirah Arab.

Aisyah, Ummul Mukminin menggambarkan keadaan saat itu, “Tatkala Rasulullah saw wafat, orang-orang Arab kembali murtad secara besar-besaran dan kemunafikan pun merajalela. Demi Allah! Aku mendapat beban yang berat, seandainya ia menimpa gunung yang kokoh niscaya ia akan hancur lebur. Para sahabat Muhammad ibarat domba yang diguyur hujan lebat pada malam hari di tengah-tengah padang yang dipenuhi binatang buas.”

Sebenarnya, perang melawan orang murtad dan nabi palsu sangat logis dilakukan, karena mereka menjadi ancaman besar bagi Madinah setelah Rasulullah SAW wafat. Namun, ternyata keputusan pertama yang diambil Abu Bakar setelah diangkat menjadi khalifah adalah mengeluarkan kekuatan besar dari Madinah menuju Syam. Keputusan tersebut yakni langkah Abu Bakar melanjutkan pengiriman pasukan Usamah bin Zaid, yang sebelumnya sudah dibentuk dan akan dikirim oleh baginda Nabi Muhammad SAW.

Abu Bakar melanjutkan misi Rasululah SAW di tengah kondisi Madinah yang penuh ancaman. Jika dilihat secara logika, seharusnya dia tidak melanjutkan pengiriman pasukan Usamah bin Zaid. Terlebih lagi misi Usamah bin Zaid ke Syam sama sekali tidak berkaitan dengan ancaman orang-orang murtad. Selain itu, Syam kala itu belum menjadi ancaman berarti.

Drama Pengiriman Pasukan Usamah

Sebelum itu, pada tahun kesebelas Hijriah, Rasulullah saw sebenarnya telah mengirimkan satuan perang untuk memerangi Romawi di daerah Balqa’ dan Palestina. Sebagian anggota pasukan itu adalah para senior orang-orang Muhajirin dan Anshar yang dikomandani oleh Usamah bin Zaid.

Mobilisasi pasukan Usamah bin Zaid ini terhitung sebagai satuan perang ketiga yang dipersiapkan Rasulullah saw dalam menghadapi Romawi setelah Mu’tah (8 Hijriah) dan Tabuk (9 Hijriah).

Saat sakit Rasulullah SAW semakin parah, pasukan Usamah bin Zaid masih berjaga-jaga di Jurf, suatu tempat berjarak tiga mil dari Madinah ke arah Syam. Mereka kembali ke Madinah ketika Rasulullah saw wafat, lalu kembali lagi ke Jurf.

Ketika Abu Bakar Ash-Shiddiq menjabat khalifah, ia memerintahkan salah seorang pada hari ketiga wafatnya Rasulullah untuk mengumumkan pemberangkatan pasukan Usamah, “Pengiriman pasukan Usamah harus segera dilaksanakan, dan ingatlah bahwa tidak seorang pun anggota pasukan Usamah yang boleh tinggal di Madinah. Mereka harus pergi ke markas pasukan Usamah di Jurf.”

Keputusan Abu Bakar tersebut sempat mendapat protes dari para sahabat. Mereka mengusulkan agar dia membatalkan pemberangkatan pasukan Usamah. Para sahabat melihat kabilah-kabilah yang murtad tengah menyusun gerakan untuk menyerang Madinah. Maka itu, diperlukan kekuatan besar untuk mengamankan kota Madinah.

Usamah bin Zaid pun yang saat itu sedang berada di Jurf mengutus Umar bin Khaththab kepada Abu Bakar agar diizinkan kembali ke Madinah dengan alasan yang sama. Namun Abu Bakar Ash-Shiddiq menolak usulan tersebut.

“Demi Zat yang jiwa Abu Bakar berada di tangan-Nya! Sekiranya aku yakin ada binatang buas yang akan menerkamku, sungguh aku akan tetap melaksanakan pengiriman pasukan Usamah seperti yang diperintahkan Rasulullah SAW. Seandainya tidak tersisa di negeri ini selain diriku, sungguh aku tetap akan melaksanakan perintah itu.”

Pada saat pemberangkatan pasukan Usamah bin Zaid, Abu Bakar mengantarkan pasukan tersebut dengan berjalan kaki, sementara Usamah mengendarai hewan tunggangannya. Usamah lantas mengusulkan agar Abu Bakar yang naik hewan tunggangan dan ia yang berjalan kaki. Tetapi usul itu ditolak Abu Bakar. Pada kesempatan itu juga Abu Bakar meminta izin kepada Usamah bin Zaid agar mengizinkan Umar bin Khattab untuk bisa tinggal di Madinah supaya membantu dan menemaninya menjalankan kekhilafahan. Usamah pun mengizinkannya.

Keputusan Abu Bakar Ash-Shiddiq Salah?

Ada berapa alasan yang harus difahami sebelum mengambil kesimpulan terkait keputusan Abu Bakar melanjutkan pengiriman Usamah bin Zaid.  Pertama, Abu Bakar itu menyebut jabatannya sebagai khalifah Rasulullah. Secara harfiah, artinya penerus Rasulullah. Sebagai penerus, maka yang dilakukan Abu Bakar adalah meneruskan kebiasaan Rasulullah SAW.

Dalam konteks ini bisa dipahami mengapa Abu Bakar memberangkatkan pasukan Usamah bin Zaid. Ini karena menjelang Rasulullah SAW wafat, beliau membentuk pasukan menuju Syam dan menunjuk Usamah sebagai pemimpin.

Dalam keputusan itu, bisa dilihat bagaimana Abu Bakar Ash-Shiddiq memiliki tekad yang sangat kuat dalam memaknai tugasnya sebagai penerus Rasulullah SAW. sebagai khalifatur Rasulillah, dia harus melanjutkan semua program Rasulullah SAW yang sedang berjalan.

Kedua, Abu Bakar memiliki tekad yang luar biasa. Jika membaca biografi Abu Bakar, maka yang kita temui adalah kelembutan. Tapi bukan berarti lembut yang lembek. Pada saat harus tegas, dia sangat tegas.

Apakah Abu Bakar tidak mempunyai pertimbangan rasional?

Dalam hal ini, bukan berarti Abu Bakar Ash-Shiddiq tidak memiliki pertimbangan rasional sebelum memberangkatkan pasukan Usamah. Sebab, Rasulullah SAW sebelumnya memiliki target besar, yang merupakan langkah strategis untuk membebaskan Baitul Maqdis. Hal itulah yang sangat difahami oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Ibarat kata, pasukan Usamah itu adalah gong. Seakan-akan Rasulullah SAW hendak menabur gong bahwa hegemoni Romawi di Syam sudah habis. Ingat, sejak pertama kali pasukan muslim berhadap-hadapan dengan pasukan Romawi di Syam, Heraklius dalam posisi selalu kalah. Misalnya perang Mu’tah pada tahun ke-7 Hijiriah, dalam peristiwa itu kita melihat 200 ribu pasukan Romawi tidak mampu mengalahkan 3000 pasukan kaum muslimin. Demikian juga perang Tabuk, perang terakhir yang diikuti oleh Rasulullah SAW. Dalam peristiwa itu, pasukan Romawi sudah mundur sebelum pasukan kaum muslimin tiba d Tabuk.

Rasulullah SAW adalah ahli strategi. Ia tak perlu memimpin langsung pasukan ke Syam, dan mengutus Usamah bin Zaid untuk mengirim pesan tersirat kepada Kaisar Romawi. Salah satu pesannya adalah memberi tantangan terbuka kepada Romawi. Artinya, jika pasukan Usamah bin Zaid sukses maka akan sulit ada ancaman dari Syam ke Madinah. Ini adalah target beliau.

Hal Inilah yang sangat difahami oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq. Betul kala itu ada perbedaan kondisi di Madinah ketika Rasulullah masih hidup. Tapi, dia dengan jeli mampu menerjemahkan target Rasulullah atas pengiriman pasukan Usamah bin Zaid.

Taktik dan Perang Opini Abu Bakar Ash-Shiddiq

Sementara di Madinah Utara, kalau seandainya tidak di-cover, maka kabilah yang memusuhi Islam akan menjadi ancaman besar bagi kekhalifaan Abu Bakar. Itu artinya di Yaman tenggara, sampai ke Najd di timur, sampai ke Timur Laut, sampai ke Syam itu akan menjadi ancaman sekaligus.

Maka, untuk mengatasi ancaman itu adalah dengan melanjutkan misi Rasulullah SAW dengan cepat. Karena memang pesan Rasulullah “kalau menang, segeralah kembali ke Madinah”. Karena ini termasuk dalam perang opini, bukan semata-mata menghabisi lawan.

Ketika pasukan Usamah berangkat, Abu Bakar mengiringi pasukan sampai ke luar Madinah. Dia bahkan menuntun kuda Usamah untuk menunjukkan tekad yang kuat kepada pasukan kaum muslimin.

Saat pasukan Usamah bin Zaid masuk ke Utara, semua kabilah di utara melihat pasukan Usamah lewat dari Madinah. Mereka pasti mendengar Rasulullah wafat, tapi mereka melihat pasukan Usamah tetap berangkat. Itu membuat mereka gentar. Tentu saja berita itu sampai ke Heraklius.

Heraklius sama sekali tidak membantu pasukan untuk menghadapi Usamah. Dia tidak memberi bantuan pasukan agar terjadi pertempuran besar. Karena pengiriman pasukan Usamah bin Zaid itu tidak pernah terbayang bagi mereka. Pasukan Usamah bahkan sampai ke Syam dan kembali lagi dengan kemenangan yang sangat gemilang, dan paling besar adalah kemenangan opini.

Di sisi lain, tidak ada kabilah di Utara yang murtad dan membentuk gerakan untuk mengancam Madinah. Itu berkat pasukan Usamah, sebuah pemahaman terhadap strategi kemenangan.

Setelah itu, Abu Bakar terus melancarkan serangan strategisnya secara bertahap. Pada tahun ke-11 itu, Abu Bakar fokus menghadapi Yamamah, Bani Tamim, bani As’ad dan lain sebagainya. Setelah berhasil, Abu Bakar kemudian fokus ke Hadramaut dan sekitarnya. Baru setelah itu, pada tahun ke-12 Hijiriah Abu Bakar melihat bahwa persoalan di dalam sudah bisa dikendalikan. Dia kemudian fokus ke luar Madinah, karena dia menganggap Jazirah sudah selesai secara politik.

Ketika keluar Madinah, target pertama memang Persia. Ini karena secara geografis, kabilah yang murtad lebih dekat ke Persia. Setelah mereka dikalahkan, Abu Bakar khawatir Persia akan mempengaruhi mereka kembali. Maka itu, Persia harus dilumpuhkan terlebih dahulu.

Pada tahun ke-13 Hijriah beberapa bulan sebelum Abu Bakar wafat, dia fokus mengirim pasukan ke Syam. Dia melihat pasukan kaum muslimin sudah unggul di Persia.

Nah, masuk tahun ke-13 beberapa bulan Abu Bakar wafat, dia fokus ke Syam. Artinya dia melihat pasukan muslim sudah unggul di Persia, maka Syam menjadi ancaman lagi, maka dia fokus ke sana. Dia memberangkatkan pasukan ke Syam dua arah sekaligus, yakni arah Palestina secara langsung yang ditugaskan kepada Amru bin Ash. Kemudian pasukan dibawah pimpinan Abu Ubaidah Ibnul Al-Jarrah dan Yazid bin Abi Sufyan, yang di-back up oleh Syurahbil Ibnul Hasanah, mengambil arah berbeda arah dengan Amru bin Ash.

Targetnya adalah memecah konsentrasi pasukan Romawi. Abu Bakar tidak ingin pasukan Romawi menghadapi pasukan kaum muslimin dalam satu peristiwa langsung. Walapun tetap jumlah romawi masih jauh lebih besar.

Ketika itu pasukan Islam berjumlah 18.000. Pasukan Romawi 240.000 orang. Menghadapi jumlah pasukan yang sangat besar, pasukan muslimin mengalami kesulitan. Khalifah Abu Bakar segera memerintahkan Khalid bin Walid berangkat menuju Syam. Perjalanan mereka selama 18 hari melewati 2 padang sahara yang belum pernah dilewatinya. Pertempuran akhirnya pecah di pingggir sungai Yarmuk, sehingga dinamakan Perang Yarmuk.

Di tengah berkecamuknya pertempuran ini, Khalid bin Walid mendapat surat yang memberitahukan bahwa Abu Bakar telah wafat dan digantikan oleh Umar bin Khattab. Surat itu juga menyatakan pemecatan Khalid bin Walid sebagai komandan pasukan dan diganti (kembali) oleh Abu Ubaidah bin Jarrah. Berita ini oleh Khalid dirahasiakan agar tidak terjadi keguncangan di kalangan barisan kaum Muslimin. Ketika Abu Ubaidah menerima berita tersebut, ia juga merahasiakannya karena pertimbangan yang sama. Peperangan ini dimenangkan oleh Pasukan Islam dan menjadi kunci utama runtuhnya kekuasaan Bizantium di Tanah Arab.

Abu Bakar wafat pada tahun ke-13 Hijriah, malam Selasa, tanggal 23 Jumadil Akhir pada usia 63 tahun. Masa kekhalifahannya 2 tahun, 3 bulan, dan 3 hari. la dikubur di rumah Aisyah di samping kubur Rasulullah SAW.

Sumber: Youtube AQL Network Baitul Maqdis

Editor: Moe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here