Spirit of Aqsa- Setelah satu tahun dari Taufan Al-Aqsa, dampak jalur yang dimulai oleh operasi tersebut terhadap Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) dan masalah Palestina terlihat jelas. Sebelumnya, proyek normalisasi dan pembentukan aliansi Arab-Israel yang mendominasi irama politik di wilayah ini selama beberapa tahun.

Taufan Al-Aqsa mengembalikan proyek gerakan ini ke bentuk aslinya, di mana Hamas beroperasi sebagai gerakan perlawanan yang mengandalkan perjuangan bersenjata sebagai jalan utama untuk menghadapi pendudukan, meningkatkan biayanya, dan mengganggu kenyamanan Israel.

Jalur ini memaksakan dirinya di kawasan tersebut, memperluas pertempuran militer dari Tepi Barat dan Gaza hingga ke Lebanon, Yaman, Irak, Iran, dan wilayah perairan di sekitarnya.

Seiring dengan itu, popularitas Hamas di Palestina dan dunia meningkat, hubungan gerakan ini dengan negara-negara dan kekuatan yang menentang dominasi Amerika semakin kuat, serta posisi politiknya semakin kokoh meskipun infrastruktur militer dan organisasinya di Gaza mengalami serangan dari Israel.

Proyek Kembali ke Titik Awal

Operasi Taufan Al-Aqsa menandai keputusan untuk memilih antara pemerintahan atau perlawanan, setelah upaya menggabungkan keduanya menemui jalan buntu karena penolakan internasional terhadap hasil pemilu dan tekanan berkelanjutan dari Israel yang mencoba menukar kebutuhan kemanusiaan warga Gaza dengan ketenangan dan konsesi politik, serta pengabaian terhadap masalah Palestina.

Hamas memanfaatkan semua kekuatan dan sumber daya yang dikumpulkan selama periode pemerintahannya di Gaza untuk menyebabkan kerugian besar pada pendudukan Israel, lalu menguras tentaranya selama setahun penuh.

Dampaknya -meskipun membutuhkan waktu- terlihat di Tepi Barat yang kini dalam kondisi konfrontasi besar dengan Israel, begitu pula di perbatasan utara Palestina, di mana Hizbullah Lebanon telah memasuki keadaan perang dengan Israel setelah setahun pengurasan.

Kelompok Ansarullah di Yaman juga terlibat dalam konfrontasi dengan upaya memberlakukan blokade laut terhadap Israel dan menekan sekutu-sekutunya. Hal serupa dilakukan oleh beberapa faksi di Irak, sementara Iran akhirnya terlibat dalam konfrontasi militer langsung dengan Israel.

Keadaan ini melemahkan posisi Israel di kancah internasional dan regional, serta mengurasnya secara politik, ekonomi, militer, dan sosial.

Program yang Memaksakan Diri

Kumpulan perkembangan ini mengubah arah jalur politik kawasan dibandingkan dengan sebelum 7 Oktober, di mana konfrontasi ini menggambarkan penolakan Palestina, Arab, dan Islam terhadap keberadaan Israel dan kejahatannya yang telah berlangsung selama 76 tahun.

Ini menggantikan jalur normalisasi keberadaan Israel dan aliansi Arab dengannya, serta mengalihkan arah penolakan dan permusuhan ke perpecahan sektarian di kawasan, sebuah konflik historis yang tidak dapat diselesaikan dan hanya akan menguras sumber daya penduduk kawasan tanpa hasil selama beberapa generasi.

Sebagai hasil dari peran ini, yang menggambarkan kebutuhan rakyat Palestina dan bangsa Arab serta Islam, popularitas Hamas meningkat luar biasa, baik di Palestina maupun di luar, seperti yang terlihat dari demonstrasi besar-besaran di ratusan negara di seluruh dunia, serta hasil jajak pendapat di Palestina dan luar negeri. Namun, Hamas belum berhasil memanfaatkan dukungan besar ini secara jelas untuk diintegrasikan secara berkelanjutan dalam perlawanan terhadap pendudukan.

Antara Barat dan Timur

Sementara itu, sikap resmi negara-negara pendukung Israel semakin keras terhadap Hamas, terutama pada paruh pertama tahun Badai. Namun, terus berlanjutnya kejahatan tentara Israel dan meningkatnya solidaritas rakyat dengan masalah Palestina dan Hamas, yang memimpin perlawanan, menyebabkan sedikit pelunakan dalam sikap terhadap Hamas dan perang pada umumnya, meskipun harapan Barat untuk menaklukkan Hamas dan mengintegrasikannya dalam sistem perdamaian tampaknya telah ditunda tanpa batas waktu.

Di sisi lain, hubungan politik Hamas dengan Rusia, China, dan Iran berkembang karena meningkatnya pengaruh gerakan ini di kawasan serta meningkatnya konflik antara negara-negara tersebut dengan Amerika Serikat, yang menyebabkan mereka semakin tertarik untuk menantang kebijakan AS di kawasan.

Hal ini terlihat dalam sikap politik yang diambil terkait konflik tersebut, termasuk penggunaan veto oleh Rusia terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyebut Hamas sebagai organisasi teroris. Rusia juga mendukung posisi Hamas dalam berbagai resolusi Barat mengenai perang di Gaza.

China juga lebih terbuka untuk mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan Hamas, mengundang gerakan ini dan faksi-faksi lainnya untuk menghadiri pertemuan rekonsiliasi di Beijing.

Sementara itu, hubungan politik yang intens terus berlanjut antara Hamas dengan Qatar, Turki, Iran, Malaysia, Mesir, Irak, Aljazair, dan Lebanon.

Namun, keputusan Pengadilan Kriminal Internasional untuk menangkap tiga pemimpin Hamas dianggap sebagai peningkatan eskalasi sikap hukum internasional terhadap Hamas, meskipun Israel yang paling dirugikan oleh keputusan tersebut karena juga menyasar para pejabat Israel, yang negaranya mendasarkan kampanye internasionalnya pada klaim korban dan superioritas moral di wilayah yang “biadab.”

Tantangan dan Risiko

Tidak diragukan lagi, infrastruktur Hamas dan basis pendukungnya mengalami kerusakan parah akibat kejahatan Israel yang menewaskan sekitar 50 ribu syahid dan 100 ribu luka-luka, yang bertujuan untuk menghancurkan infrastruktur Hamas dan membuat rakyat Palestina menjauh dari gerakan ini.

Israel juga berupaya menghancurkan rantai kepemimpinan politik dan militernya melalui pembunuhan besar-besaran, yang menargetkan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, wakilnya Saleh al-Arouri, serta beberapa anggota dewan politik dan anggota dewan militer Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas. Namun, struktur organisasi Hamas tetap berfungsi tanpa gangguan yang jelas, dan peran kontrol serta komando terus berjalan baik di dalam maupun di luar Palestina.

Gerakan ini telah sepakat memilih Yahya Sinwar sebagai pemimpin baru, meskipun dalam situasi perang yang sangat menyulitkan proses-proses organisasi tradisional. Brigade al-Qassam juga merekrut ribuan pejuang baru.

Di tingkat keamanan, konfrontasi berlangsung intens selama setahun penuh, di mana Israel berupaya membebaskan tentaranya dengan kekuatan militer, tetapi sebagian besar upaya ini gagal, dengan banyak yang mencoba dibebaskan berakhir terbunuh. Sementara sebagian besar tawanan masih berada jauh dari jangkauan Israel.

Pembunuhan juga menjadi arena konfrontasi keamanan lainnya, di mana tentara Israel berhasil merugikan Hamas sebagian, tetapi struktur hierarki organisasi Hamas terus menghasilkan pemimpin pengganti secara berkelanjutan.

Menurut laporan media, sebagian besar Brigade al-Qassam yang beroperasi di Gaza masih mampu bertempur, terus memperbaiki kemampuannya, dan mengembangkan taktiknya sesuai kebutuhan pertempuran, yang dibuktikan dengan terus berlanjutnya operasi militer di berbagai area konfrontasi dengan pasukan pendudukan.

Persenjataan Rudal

Namun, kekuatan rudal Hamas tampak menurun, yang sebelumnya menembakkan ratusan rudal di awal perang, kini sebagian besar terbatas pada mortar selama beberapa bulan terakhir. Ini menunjukkan bahwa Hamas mengalami kerusakan parah, baik karena habisnya persediaan akibat lamanya perang, maupun karena serangan udara Israel yang luas. Brigade al-Qassam mungkin enggan menembakkan sisa rudal mereka untuk menghindari eskalasi serangan udara Israel terhadap warga sipil.

Dalam konteks ini, video-video yang dirilis oleh Brigade al-Qassam menunjukkan upaya mereka mendaur ulang rudal dan bom yang tidak meledak milik Israel, yang menyediakan sumber daya untuk mengimbangi kerugian akibat blokade yang ketat sejak 7 Oktober.

Namun, penderitaan kemanusiaan yang luar biasa di Gaza menjadi faktor terbesar yang menargetkan Hamas, karena akumulasi dampak blokade, serta upaya Israel dan pihak Palestina serta regional untuk menciptakan konflik internal di Gaza dan kekacauan yang merusak kemampuan rakyat untuk mengelola sumber daya yang terbatas.

Meskipun demikian, Hamas berhasil menangani situasi ini secara relatif, dengan adanya kesepakatan faksi-faksi tentang bantuan darurat, yang sebagian terwujud di wilayah-wilayah yang tidak diduduki oleh Israel.

Masuknya Hizbullah dan Iran ke dalam konfrontasi memperkuat semangat warga Gaza, meskipun mungkin akan mengurangi fokus pada mereka, yang dapat menurunkan respons politik dan kemanusiaan terhadap kejahatan Israel di masa depan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, faktor-faktor ini menunjukkan bahwa berat politik Hamas meningkat, yang membuatnya diperkirakan akan memainkan peran yang lebih besar dalam masa depan masalah Palestina.

Risiko Utama

Tidak diragukan lagi bahwa keputusan Hamas untuk melancarkan Taufan Al-Aqsa melibatkan risiko politik dan militer yang signifikan, dan risiko ini masih ada. Namun, peluang yang dihasilkan setara atau bahkan lebih besar dari risikonya.

Penilaian ini diperkuat jika dilihat dari perspektif ruang dan waktu yang lebih luas. Di satu sisi, rakyat Palestina dan Lebanon mengalami pengurasan, tetapi Israel juga terkuras di Gaza, Tepi Barat, Lebanon, udara, dan laut, serta hubungan internasionalnya.

Di sisi lain, konflik ini menambah durasi perang yang telah berlangsung lama, dan rakyat Palestina terus mempertahankan status quo di berbagai wilayah pertempuran, yang menghabiskan energi pasukan pendudukan dan menguras sumber daya politik, ekonomi, dan militernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here