Spirit of Aqsa– Menurut laporan dari saluran 13 Israel, Netanyahu bersama sejumlah menteri telah berada di tempat perlindungan bawah tanah di Al-Quds selama beberapa jam. Sementara itu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant berada di sebuah bangunan bawah tanah di Kementerian Pertahanan di Tel Aviv.

Pada Selasa, militer Israel mengumumkan bahwa rudal diluncurkan dari Iran menuju Israel. Mereka melaporkan bahwa Iran telah meluncurkan setidaknya 102 rudal ke arah Israel, sementara saluran 12 Israel melaporkan lebih dari 400 rudal telah ditembakkan.

Sirene peringatan berbunyi di seluruh wilayah Israel, termasuk Yerusalem, Beersheba, dan area sekitar Gurun Negev. Para saksi juga melaporkan ledakan besar di Lembah Yordania ketika rudal mulai menghantam, menurut laporan dari Reuters.

Sumber dari Al-Arabiya/Al-Hadath mengungkapkan bahwa beberapa pangkalan militer dan udara di Israel bagian tengah dan selatan terkena serangan rudal.

Pemukim Israel Diminta Berlindung

Militer Israel menginstruksikan semua warga sipil untuk berlindung di bunker, namun kemudian meminta mereka keluar setelah ancaman dari Iran dinyatakan berakhir.

Komando Pertahanan Dalam Negeri Israel juga mengeluarkan pedoman keselamatan bagi warga di seluruh negeri untuk melindungi nyawa mereka selama serangan berlangsung.

Balasan Iran

Pada hari yang sama, Garda Revolusi Iran mengumumkan bahwa serangan rudal tersebut merupakan balasan atas pembunuhan Ismail Haniyeh, pemimpin Hamas; Hassan Nasrallah, Sekretaris Jenderal Hezbollah; dan Abbas Nilforushan, komandan senior Garda Revolusi Iran.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh televisi nasional Iran, Garda Revolusi Iran menyebut bahwa Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memberikan perintah langsung untuk melakukan serangan tersebut. Mereka juga menegaskan bahwa serangan rudal yang diluncurkan tadi malam hanyalah gelombang pertama, dengan kemungkinan adanya serangan susulan.

Iran memperingatkan bahwa setiap tanggapan dari Israel akan dibalas dengan serangan yang lebih menghancurkan dari Teheran.

Peringatan dari Amerika Serikat

Serangan Iran ini terjadi setelah peringatan dari Amerika Serikat yang menyatakan bahwa mereka memiliki indikasi bahwa Teheran sedang bersiap untuk meluncurkan serangan rudal balistik terhadap Israel.

AS juga memperingatkan bahwa serangan langsung dari Iran terhadap Israel akan memiliki dampak serius bagi Teheran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here