Spirit of Aqsa- Pemimpin serikat pekerja terbesar Israel, Histadrut, berjanji akan “melumpuhkan” ekonomi Israel di tengah aksi protes yang menuntut gencatan senjata di Gaza.

Pada Ahad (1/9/2024), Israel mengumumkan telah menemukan enam jenazah tawanan, yang memicu kemarahan di kalangan warga Israel yang meyakini bahwa kesepakatan gencatan senjata diperlukan untuk membebaskan sisa tawanan.

Israel kini memperkirakan ada 101 sandera yang masih berada di Gaza, termasuk 35 yang diduga sudah tewas. Lebih dari 100 tawanan telah dibebaskan selama gencatan senjata sementara pada bulan November.

Situasi makin memanas di jalanan Israel pada Ahad (1/9/2024) malam ketika para demonstran meneriakkan “Sekarang! Sekarang!” menuntut kesepakatan gencatan senjata. Puluhan ribu pemukim Israel berpartisipasi dalam salah satu aksi protes terbesar sejak 7 Oktober 2023.

Sementara itu, Histadrut mengumumkan pemogokan umum yang akan dimulai pada Senin (2/9/2024), dengan harapan gangguan besar yang akan ditimbulkan terhadap ekonomi Israel-termasuk di sektor perbankan, sistem kesehatan, dan Bandara Internasional Ben Gurion-akan menekan pemerintah untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas untuk membawa pulang sandera yang tersisa.

“Sore ini, saya memutuskan untuk menghentikan ekonomi Israel mulai besok pagi,” kata Ketua Federasi Buruh Histadrut, Arnon Bar-David, saat aksi protes besar di Tel Aviv, dilansir Newsweek.

“Saya di sini untuk berjuang agar tidak ada yang tertinggal! Yahudi tidak meninggalkan Yahudi, apa yang tidak jelas dari itu?”

Ia menambahkan, “Tidak masuk akal jika anak-anak kita mati di terowongan karena pertimbangan politik!”

Pemogokan yang digerakkan oleh Histadrut ini akan menjadi yang pertama sejak serangan awal Hamas terhadap Israel.

Joel Rubin, mantan Wakil Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Rumah Tangga selama pemerintahan Obama, mengatakan kepada Newsweek pada Minggu sore bahwa pemogokan oleh Histadrut “dapat menjadi pukulan lain” bagi ekonomi Israel, yang sudah terpukul oleh perang yang sedang berlangsung.

Namun, dampak politik dari pemogokan ini masih belum jelas. Rubin menjelaskan bahwa Histadrut “bukanlah inti dari konstituen koalisi pemerintahan. Jadi ada paradoks bahwa [pemogokan] ini akan berdampak besar pada kehidupan sehari-hari di negara ini, tetapi apakah itu akan berdampak pada konstituen langsung dari koalisi pemerintahan? Tidak begitu jelas.”

Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar telah bekerja dengan Israel dan Hamas selama berbulan-bulan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata, tetapi kedua pihak belum secara resmi menyetujui apa pun.

Banyak pihak menyalahkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang menyerukan penghancuran total Hamas, atas kegagalannya mencapai kesepakatan gencatan senjata. Sementara itu, Netanyahu menyalahkan Hamas karena memperlambat negosiasi, dengan mengatakan “siapa pun yang membunuh sandera tidak menginginkan kesepakatan.”

Ketika ditanya seberapa besar tanggung jawab yang harus dipikul oleh Netanyahu atas terhentinya negosiasi, Rubin mengatakan, “Ada dua pihak dalam negosiasi ini,” mengacu pada Hamas dan Israel.

Namun, Rubin menunjukkan adanya laporan masalah di dalam kabinet Netanyahu yang bisa menghambat kesepakatan gencatan senjata. Menteri Pertahanan Netanyahu, Yoav Gallant, dilaporkan terlibat pertengkaran sengit dengan perdana menteri pada Kamis lalu terkait tuntutan Netanyahu agar militer Israel tetap ditempatkan penuh di perbatasan Mesir-Gaza.

Tiga dari enam tawanan yang baru-baru ini ditemukan tewas, termasuk Hersh Goldberg-Polin, 23 tahun, yang berkewarganegaraan Israel-Amerika, dilaporkan seharusnya dibebaskan pada fase pertama dari proposal gencatan senjata yang dibahas pada Juli lalu.

Pemimpin oposisi Yair Lapid, yang berhaluan sentris, menyatakan dukungannya terhadap pemogokan ini, dengan mengatakan, “Mereka masih hidup. Netanyahu dan kabinet kematian memutuskan untuk tidak menyelamatkan mereka.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here