Spirit of Aqsa- Komandan Militer Israel untuk Divisi Gaza, Brigadir Jenderal Avi Rosenfeld, mengumumkan pengunduran diri dari jabatan tersebut. Dia menyatakan, pengunduran diri itu disebabkan oleh kegagalannya dalam “melindungi wilayah perbatasan Gaza” selama pertempuran ‘Taufan Al-Aqsa’ pada 7 Oktober 2023.

Menurut laporan dari Israeli Broadcasting Authority, Rosenfeld menyatakan bahwa “semua pihak harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada 7 Oktober,” tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pengunduran diri Rosenfeld ini terjadi sekitar satu setengah bulan setelah Kepala Divisi Intelijen Militer (Aman) Aharon Haliva juga mengundurkan diri karena gagal mendeteksi operasi ‘Taufan Al-Aqsa’ pada 7 Oktober 2023.

Divisi Gaza adalah unit militer di Angkatan Pertahanan Israel yang bernomor “643”, beroperasi di bawah komando Komando Selatan, dengan markas di Basis Re’im yang berjarak sekitar 7 kilometer dari Jalur Gaza. Tugasnya mencakup menjaga perbatasan yang berdekatan dengan Gaza, mengelola operasi pembunuhan, dan menghancurkan terowongan yang ditemukan di sekitar perbatasan Gaza, serta terdiri dari dua brigade: utara dan selatan.

Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas, mengumumkan bulan lalu bahwa mereka telah menangkap Komandan Brigade Selatan Divisi Gaza, Asaf Hamami, pada 7 Oktober selama pertempuran ‘Taufan Al-Aqsa’.

Sejumlah pejabat Israel telah mengundurkan diri dalam beberapa bulan terakhir terkait tuduhan kegagalan dalam mengelola perang di Gaza, dengan perkiraan akan ada serangkaian pengunduran diri di kalangan pimpinan militer, termasuk Kepala Staf Herzi Halevi dan wakilnya Amir Baram.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak tuduhan dari oposisi yang menyalahkannya atas kegagalan ini, dan bersikukuh untuk tetap pada posisinya meskipun ada seruan yang meningkat untuk mengadakan pemilihan umum lebih awal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here