Spirit of Aqsa, Palestina-  Sejumlah analis politik meyakini bahwa satu-satunya cara untuk menggulingkan Benjamin Netanyahu adalah melalui “Musim Semi Israel.” Mereka meyakinkan bahwa pemerintahan Amerika tidak akan terlalu jauh dalam memberikan tekanan pada pria ini.

“Masyarakat Israel sendiri yang menciptakan seorang diktator, dan mereka harus memulai Musim Semi Israel untuk menggulingkan Netanyahu,” kata Mohamed Helsa, seorang akademisi dan pakar urusan Israel.

Helsa menjelaskan, keadaan di dalam pemerintahan Israel telah menjadi kacau sejak 7 Oktober. Dia menilai, hal tersebut dapat menggoyahkan koalisi Netanyahu yang tengah dihadapi dengan tekanan, tindakan, dan pesan untuk para lawan politiknya, terutama Menteri Pertahanan Yoav Galant yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Sementara itu, Profesor Ilmu Politik dari Universitas Nasional An-Najah, Dr. Hassan Ayoub, menyatakan bahwa elit politik di Israel, terutama di Kabinet Mini dan Pemerintahan Perang, mengalami keadaan disintegrasi. Satu-satunya kesepakatan di antara pihak-pihak yang bertikai adalah melanjutkan agresi terhadap Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Menanggapi perselisihan politik di Israel, dia menyoroti pertanyaan utama, yaitu prioritas perang. Apakah prioritasnya untuk melepaskan tahanan yang ditahan oleh perlawanan Palestina di Gaza atau melanjutkan perang?

Dukungan dari Sayap Kanan

Dalam sebuah program yang membahas “Gaza: Apa Selanjutnya?” dua analis menyoroti tekanan dari pemerintahan Presiden Amerika Joe Biden terhadap Netanyahu dan bagaimana Netanyahu tidak mendengarkan nasihat Amerika. Mereka lebih fokus pada faktor-faktor yang bisa menyebabkan jatuhnya Perdana Menteri Israel.

Dalam konteks ini, seorang akademisi dan pakar urusan Israel menjelaskan bahwa taruhan terletak pada gerakan internal. Semakin besar dan meresap ke jalanan dalam bentuk protes dan demonstrasi, itu akan menjadi tekanan bagi Netanyahu, meskipun dia akan berusaha untuk melawan.

Dia menyatakan, “Masyarakat Israel sendiri yang menciptakan seorang diktator, dan mereka harus memulai Musim Semi Israel untuk menggulingkan Netanyahu.”

Dia menunjukkan bahwa para politisi Israel yang mengkritik pemerintah dan pemimpinnya tidak turun ke jalan seperti yang terjadi selama protes terhadap reformasi hukum sebelum 7 Oktober.

Menurut pandangan pakar urusan Israel, Netanyahu sadar bahwa menghentikan perang di Gaza berarti dia akan pergi ke penjara, karena dia dikejar oleh tuduhan sebelum dan setelah 7 Oktober. Dia hidup dalam perasaan kebesaran dan dominasi sebagai perdana menteri selama 17 tahun, menderita dari narasisme. Dia bergantung pada koalisi kanan yang sejalan dengan keinginannya untuk melanjutkan perang, dan mengintimidasi warga Israel dengan mempromosikan ide bahwa menghentikan perang berarti mendirikan negara Palestina.

Menurut Profesor Ilmu Politik dari Universitas Nasional An-Najah, Netanyahu menyadari bahwa dia akan tetap berkuasa selama mendapatkan dukungan dari sayap kanan di Israel (dengan lebih dari 75 kursi di Knesset) dan dukungan masyarakat Israel yang ingin melanjutkan perang di Gaza.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here