Spirit of Aqsa, Palestina- Ratusan ekstremis Yahudi menyerbu Masjid Al-Aqsha pada Ahad pagi (1/10). Tokoh dan lembaga Yahudi menyerukan untuk mengintensifkan penyerbuan guna memperingati hari kedua “Hari Tahta/Sukkot” yahudi.

Mengutip Palinfo, sebanyak 867 ekstremis Yahudi menyerbu Masjid Al-Aqsha pada pagi dan sore hari. Dari video amatir yang tersebar menunjukkan sekelompok ekstremis Yahudi melakukan “sujud epik” di dalam halaman Al-Aqsha, berpakaian pendeta.

Para ekstremis Yahudi membawa sesajian tanaman dan melakukan ritual Talmud di gerbang Masjid Al-Aqsha. Petugas polisi keamanan, Aida Sidawi, diserang dan diusir dari depan Bab al-Silsilah, salah satu pintu Masjid Al-Aqsha.

Awalnya, pasukan penjajah Israel menyerbu halaman masjid untuk mengamankan serangan para ekstremis Yahudi dan memaksa beberapa warga dan jamaah penjaga masjid untuk pergi. Pasukan penjajah Israel mengerahkan pasukan dalam jumlah besar di dalam Kota Tua Al-Quds sejak dini hari sebagai persiapan mengamankan serangan para ekstremis Yahudi, karena mereka menghalangi akses jamaah ke masjid.

Dalam beberapa hari terakhir, berbagai faksi perlawanan, kelompok masyarakat, dan aktivitas telah menyampaikan seruan untuk berkumpul di Al-Aqsha dan berjaga di dalamnya. Hal ini bertepatan dengan seruan bagi pemukim untuk berpartisipasi secara paksa dalam penggerebekan ke masjid Al-Aqsha.

Rencana Serangan

Peneliti urusan Al-Quds, Ziyad Ibhais, menjelaskan, kelompok ekstremis Kuil Yahudi berupaya meningkatkan jumlah pemukim penyusup pada hari raya Sukkot menurut Alkitab. Dia mengindikasikan, kelompok ekstremis Kuil mengumumkan telah menyediakan transportasi gratis bagi mereka yang ingin menyerbu Al-Aqsha serta tentang pemberian jajanan gratis dan pelatihan dalam melakukan ritual di Al-Aqsha.

Ketabahan Jamaah Penjaga Al-Aqsha (Murabithun)

Selain itu, jamaah penjaga setia Al-Aqsha dari kaum laki-laki dan perempuan yang dideportasi dari Masjidil Haram Al-Aqsha menegaskan bahwa serangan pendudukan tidak akan menghalangi mereka untuk meninggalkan penjagaan Al-Aqsha dan mempertahankan masjid.

Pasukan penjajah Israel menyerang pria dan wanita yang berjaga di depan Bab al-Silsilah, salah satu pintu Masjid Al-Aqsha, saat mereka menghadapi serangan pemukim dengan meneriakkan takbir dan mengibarkan plakat.

Wartawan Al-Quds, Hanadi Al-Halawani mengatakan, “Kami tidak akan meninggalkan posisi kami dan akan tetap menjadi pembela Masjid Al-Aqsha. Negara-negara Arab diminta terus mendukung dan membela Al-Aqsa.”

Seorang penjaga perempuan, Aida Al-Sidawi, menjelaskan bahwa dia diserang dan didorong. “Tetapi saya akan tetap menjadi duri di tenggorokan para pemukim.” Tegasnya.

Al-Sidawi menambahkan, “Pasukan Israel tidak akan menghalangi kami untuk terus menyatukan dan mempertahankan Masjid Al-Aqsah yang merupakan milik kami dan hak kami, dan kami harus bersatu, itikaf, dan hadir di masjid,” menurut Berita Rusha.

Penjaga masjid lainnya, Abu Bakr Al-Shimi, melaporkan bahwa mereka dicegah memasuki Masjid Al-Aqsha sejak dini hari, untuk memastikan serbuan para pemukim.

Al-Shimi menekankan, “Kami berjaga di Al-Aqsha sampai Tuhan memberikan perintah-Nya, dan tujuan kami adalah untuk menyampaikan pesan bahwa kami teguh tidak peduli seberapa besar mereka menindas dan memukul kami.”

Ratusan pemukim pada Ahad pagi menyerbu halaman Masjid Al-Aqsa yang diberkati, di bawah perlindungan ketat dari pasukan pendudukan Israel, pada apa yang disebut “Hari Tahta.” Yahudi.

Para pemukim, dalam kelompok berturut-turut, melakukan penyerangan ke halaman masjid, dan melakukan ritual Talmud dan “sujud epik” dengan berpakaian seperti pendeta.

Para pemukim juga menampilkan tarian dan ritual Talmud di Silsilah dan Gerbang Besi Masjidil Haram Al-Aqsha, sambil membawa “sesajian tanaman.”

“Sukkot” adalah pemberhentian ketiga musim liburan Yahudi, di mana kelompok-kelompok Bait Suci mengeluarkan seruan kepada pemukim untuk melakukan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam Al-Aqsha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here