Spirit of Aqsa– Puluhan anak Palestina yang mengungsi berkumpul di sekitar guru Hanan Al-Wakhiri, mengikuti kegiatan rekreatif dan edukatif di pusat pengungsian Sekolah Menengah Al-Bureij di Kamp Pengungsi Al-Bureij, Jalur Gaza tengah.

Al-Wakhiri berusaha menghibur anak-anak melalui inisiatif “Kelas Pendidikan” yang dilaksanakan bersama rekan-rekannya dengan berbagai kegiatan seperti membaca, menulis, menggambar, dan mewarnai, setelah delapan bulan terhentinya proses pendidikan di Gaza.

Proses pendidikan di wilayah tersebut terhenti sejak awal perang Israel pada 7 Oktober lalu, dan nasibnya masih belum pasti setelah banyak universitas, institut, dan ratusan sekolah yang dikelola pemerintah maupun UNRWA hancur.

Gagasan Inisiatif

“Gagasan kelas pendidikan muncul setelah terhentinya proses pendidikan, mengingat kondisi sulit yang dialami siswa di pusat penampungan dan berlanjutnya perang Israel,” kata guru Fatimah Abu Hamisah, dikutip Aljazeera Arabic, Senin (20/5/2024).

Inisiatif ini bertujuan meningkatkan tingkat pendidikan siswa, dengan menyusun rencana dan prosedur kerja yang jelas bersama manajemen pusat penampungan.

Abu Hamisah menjelaskan bahwa mereka melakukan pendataan kelompok usia siswa, mengumumkan inisiatif “Kelas Pendidikan” sebelumnya, dan membentuk tim guru untuk berpartisipasi dalam inisiatif serta memberikan layanan pendidikan di samping tugas mereka dalam komite darurat dan distribusi bantuan di pusat penampungan.

Antusiasme Tinggi

Saat melaksanakan kegiatan untuk siswa kelas satu, Al-Wakhiri menyatakan, “Kami mengajukan inisiatif pendidikan di pusat penampungan dan melihat respon besar dari para orang tua dan banyaknya pendaftaran yang mendorong kami melalui tim kerja.”

Pengungsi di pusat penampungan berupaya mendukung keberhasilan inisiatif ini dengan mengosongkan ruang kelas setiap pagi untuk melaksanakan kegiatan pendidikan dan rekreatif, serta menyiapkan ruangan untuk tim kerja sehingga bisa digunakan sebagai kelas untuk siswa dari kelas satu hingga enam.

Al-Wakhiri menambahkan, “Kami memiliki enam tingkat pendidikan, masing-masing tahap memiliki jadwal satu jam belajar.”

Kebahagiaan terpancar dari wajah siswa dan orang tua pada hari pertama inisiatif ini. Mereka mengenakan pakaian berwarna cerah seolah-olah merayakan hari raya, menurut Al-Wakhiri.

Guru tersebut menyaksikan antusiasme besar siswa terhadap pendidikan dalam inisiatif ini, menyambut mereka dan bertanya alasan kebahagiaan mereka. Jawabannya adalah karena mereka kembali ke bangku sekolah, belajar, menggambar, dan mewarnai.

Inisiatif ini mencakup anak-anak pengungsi di pusat penampungan dari Rafah, utara Jalur Gaza, dan Khan Younis.

Al-Wakhiri mengatakan, “Kami berusaha mengeluarkan pengungsi, terutama anak-anak, dari suasana perang, suara ledakan, dan tekanan hidup yang mereka alami, baik politik, ekonomi, sosial, keamanan, dan kesehatan.”

Inisiatif ini, menurut Al-Wakhiri, juga menarik minat anak-anak di luar pusat penampungan, sehingga membutuhkan pembukaan kelas baru untuk menampung jumlah siswa yang bertambah setelah sukses besar dan minat yang tinggi terhadap inisiatif ini.

Perlindungan Anak

Kebahagiaan terlihat di wajah Lolo Ezzedine Faiq, tujuh tahun, setelah bergabung dengan inisiatif pendidikan dan berpartisipasi dalam kegiatan rekreatif dan psikologis.

Faiq berkata sambil menggambar, “Saya bergabung dengan inisiatif ini untuk membaca, belajar, mewarnai, dan menggambar,” berharap agar perang yang menghancurkan segera berakhir.

Hala Ashour, teman Faiq, setuju dengan alasan partisipasinya, “Saya senang kembali ke bangku sekolah setelah tujuh bulan dilarang belajar oleh pendudukan.”

Gadis tujuh tahun itu bertanya-tanya kapan perang yang menghancurkan itu akan berakhir, dan meminta dunia untuk campur tangan dan menekan Israel agar menghentikan perang serta melindungi anak-anak.

Tantangan Besar

Inisiatif ini menghadapi banyak tantangan, terutama kurangnya lingkungan kelas yang memadai, kekurangan layanan logistik seperti kursi, alat tulis, dan hadiah motivasi, serta kondisi kepadatan kelas, kata Abu Hamisah.

“Kami berusaha menampung semua siswa dan memberikan layanan pendidikan dengan baik, memberikan perawatan medis dan psikologis, serta menyisihkan waktu untuk kegiatan rekreatif guna mengurangi dampak perang pada siswa.”

Pihak pusat penampungan telah menyusun rencana kerja untuk keberhasilan inisiatif ini, termasuk enam sesi belajar mingguan untuk setiap tahap pendidikan, dengan durasi satu jam per sesi setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here