Spirit of Aqsa, Palestina- Rashida Tlaib, seorang anggota Kongres AS asal Palestina, memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat untuk distrik ke-12 di Michigan. Pemilihan tersebut digelar pada Kamis (4/8) waktu setempat.

Tlaib mendapatkan 64,4 persen suara. Dia menang atas Janice Winfrey yang hanya mendapatkan 20 persen suara.

Pemilihan pendahuluan diadakan untuk memilih kandidat partai dalam pemilihan mendatang. Pemilihan dijadwalkan berlangsung pada akhir tahun ini. Para kandidat partai akan bersaing dengan kandidat Republik Stephen Elliot di wilayah yang dihitung di Partai Demokrat.

Melalui akunnya di Twitter, wakil pemenang, Tlaib, berterima kasih kepada semua orang yang bekerja dengannya selama kampanye pemilihannya, dan semua orang yang membelanya untuk meraih kemenangan.

Perlu dicatat bahwa saingan Tlaib, Winfrey, sangat didukung oleh Komite Urusan Publik Israel Amerika – AIPAC yang telah menghabiskan puluhan juta dolar untuk mengalahkan Tlaib, yang dikenal karena sikapnya mendukung perjuangan Palestina.

AIPAC sama juga telah mengalokasikan hampir $5 juta untuk mengalahkan wakil asal Somalia, Ilhan Omar, dari Minnesota, yang menjalankan kampanye pendahuluannya pada 9 Agustus.

Tlaib memenangkan pemilihan kongres pertamanya pada tahun 2018, menjadi wanita Palestina-Amerika pertama di Kongres AS. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here