Spirit of Aqsa, Palestina- Selasa malam (31/10), Chile dan Kolombia mengumumkan penarikan duta besar dari Israel. Penarikan dubes itu sebagai protes terhadap agresi zionis Israel yang terus berlanjut ke Jalur Gaza.


Presiden Chili Gabriel Boric mengumumkan penarikan duta besar negaranya dari Israel karena agresinya terhadap Gaza.

“Tidak peduli seberapa kuat negaranya, kita memerlukan kebijakan luar negeri yang berlandaskan hak asasi manusia dan membelanya dengan sekuat tenaga,” kata Boric, dikutip Al Jazeera, Rabu  (1/11). 

Menanggapi hadiah yang diterimanya dari komunitas Yahudi di Chile, Presiden Boric berkata, “Saya berterima kasih atas langkah tersebut, namun Anda bisa memulainya dengan meminta Israel mengembalikan tanah Palestina yang didudukinya secara ilegal.”

Sementara itu, Presiden Kolombia Gustavo Petro mengumumkan penarikan duta besar negaranya untuk Israel sebagai protes terhadap pelanggaran Israel terhadap Palestina.

“Jika Israel tidak menghentikan pembantaian terhadap rakyat Palestina, kita tidak akan bisa terus berada di sana,” kata Petro.

Sebelumnya, pemerintah Bolivia memutuskan untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, sebagai protes terhadap agresi mereka terhadap Gaza.

Sumber: Al Jazeera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here