Spirit of Aqsa, Palestina – Surat kabar Israel, Haaretz, menurunkan berita tentang kunjungan orang-orang Yahudi ke Uni Emirat Arab setelah normalisasi. Media tersebut mewartakan, 50 ribu lebih warga Israel mengunjungi Emirat Arab, sejak kesepakatan normalisasi diteken.

Haaretz menyebut jumlah itu tercatat dalam dua pekan, setelah dimulainya penerbangan bisnis yang terbuka antara UEA dan Israel. Keduanya sepakat untuk membuka hubungan diplomasi dan wisata, pascakesepakatan normalisasi kedua pihak pada September lalu.

Haaretz memprediksi, kunjungan warga Israel ke Emirat akan terus berlanjut dalam beberapa mendatang, disebabkan adanya hari libur Hanukah yahudi.

Laporan lainnya menyebutkan, pusat komunitas yahudi di kota Dubai menyatakan, jumlah pegawainya bertambah dari 5 menjadi 30 orang, dan sekitar 150 restoran akan menghidangkan makanan khusus yahudi, juga akan membangun toilet untuk kepentingan kegiatan ritual Talmud.

Sementara itu pihak Emirat juga disebutkan tengah mencari lokasi untuk kedutaan besar Emirat di Tel Aviv. Di samping para pengusaha Emirat memperluas jaringan bisnis mereka di Israel.

Langkah Emirat melakukan normalisasi dengan Israel mendapat kecaman luas pihak Palestina, dan disebutkan sebagai pengkhianatan terhadap bangsa Palestina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here