Indonesiainside.id- Militer Israel melanjutkan operasi militer besar-besaran untuk hari keempat berturut-turut di wilayah utara Tepi Barat, yang diklaim bertujuan untuk membongkar sel-sel pejuang di Jenin, Tulkarm, dan Nablus. Operasi ini telah mengakibatkan 20 warga Palestina syahid dan beberapa lainnya ditangkap.

Pada hari keempat operasi yang disebut “Kamp Musim Panas,” pertempuran sengit kembali terjadi di Jenin antara pejuang Palestina dan pasukan Israel. Sementara itu, militer Israel menutup Kota Hebron setelah serangan ganda yang dilakukan oleh dua warga Palestina di sekitar dua pemukiman.

Berikut perkembangan terbaru di Tepi Barat:

Jenin

Bentrokan pecah pada Sabtu pagi (31/8/2024) di beberapa bagian Kota Jenin dan kamp pengungsinya antara pejuang Palestina dan militer Israel, disertai ledakan-ledakan yang terdengar. Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan seorang warga terluka akibat tembakan tentara Israel.

Dalam pernyataan terpisah, Brigade Al-Qassam, Brigade Al-Aqsa, dan Brigade Saraya Al-Quds menyatakan, pejuang mereka menghadapi pasukan yang menyerang. Sebelumnya, mereka juga melaporkan bahwa telah berhasil melukai tentara Israel sejak serangan dimulai.

Pasukan Israel mengirimkan tambahan pasukan ke Jenin dan kamp pengungsinya, serta melakukan pembongkaran di pintu masuk utama menuju kawasan timur kota. Mereka juga menghancurkan tembok dan gerbang pemakaman satu-satunya di kawasan tersebut.

Selain itu, rumah-rumah warga Palestina di lingkungan Jaberiyat yang berdekatan dengan kamp pengungsi juga dihancurkan oleh pasukan Israel.

Rekaman video menunjukkan kerusakan besar yang ditimbulkan oleh pasukan pendudukan di wilayah timur Jenin. Warga Palestina di Jenin dan kamp pengungsinya terpaksa mengungsi akibat serangan Israel.

Di tempat yang sama, tentara Israel mengepung sebuah rumah di Desa Kafr Dan dalam upaya menangkap orang-orang di dalamnya. Sementara itu, Brigade Al-Qassam dan Brigade Al-Aqsa melaporkan bahwa pejuang mereka terlibat bentrokan sengit dengan pasukan Israel yang menyerang desa tersebut.

Nablus

Bentrokan terjadi tadi malam antara pemuda Palestina dan tentara Israel di Jabal Subaih, sebelah selatan Kota Nablus, Tepi Barat utara. Di Nablus, seorang pemukim Israel melepaskan tembakan ke arah jalan utama di Desa Huwwara.

Tulkarm 

Pasukan Israel kembali menyerbu beberapa daerah di Kota Tulkarm dan sekitarnya setelah 24 jam penarikan mereka, menyusul operasi militer selama dua hari yang menargetkan pejuang Palestina dan menghancurkan infrastruktur di Kamp Noor Shams dan Tulkarm di kota tersebut.

Betlehem

Bentrokan yang melibatkan tembakan dan gas air mata terjadi di Desa Husan, sebelah barat Betlehem, setelah pasukan Israel menyerbu desa tersebut tadi malam.Serangan ini terjadi setelah pemuda Palestina melemparkan bom molotov ke arah mobil pemukim Israel.

Di Desa Nahalin, sebelah barat Betlehem, pemukim Israel menyerang properti warga Palestina, termasuk mencabut pohon zaitun dan merusak jaringan air yang digunakan untuk minum dan irigasi.

Hebron

Militer Israel menyerbu beberapa wilayah dan desa di Hebron, Tepi Barat selatan, dan menangkap setidaknya dua warga Palestina. Mereka juga menutup sebagian besar pintu masuk kota setelah serangan ganda yang terjadi pada Jumat kemarin di Pemukiman “Gush Etzion” dan “Karmei Tzur” yang mengakibatkan dua warga Israel terluka, salah satunya seorang perwira tinggi, serta menewaskan pelaku serangan.

Hamas dan faksi Palestina lainnya memuji serangan tersebut. Hamas menyatakan bahwa serangan ganda itu merupakan pesan bahwa perlawanan akan terus berlanjut selama agresi Israel berlanjut.

Di Hebron, pemukim Israel mencuri 300 ekor domba dan merusak tangki air serta tempat tinggal tiga keluarga Palestina. Mereka juga menyerang sejumlah warga di sebelah timur Desa Sa’ir.

Ancaman Israel

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menyatakan bahwa militer bertekad untuk terus berperang dan menggunakan kekuatan terhadap mereka yang disebutnya sebagai musuh Israel, baik yang dekat maupun jauh.

Gallant menegaskan bahwa siapa pun yang mencoba mengancam keamanan Israel dan tidak menyerah akan menjadi target dan akan dihancurkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here