Spirit of Aqsa– Boikot terhadap merek-merek yang secara terbuka mendukung Israel berlanjut, terutama di Timur Tengah. Akibatnya, penjualan perusahaan-perusahaan ini menurun di wilayah yang mencakup sekitar 500 juta konsumen, sebagaimana tercermin dalam laporan keuangan musim panas 2024.

Dalam laporan yang diterbitkan oleh Samuel Wendell di The Al-Monitor, beberapa perusahaan seperti McDonald’s dan Starbucks melaporkan adanya “tantangan berkelanjutan” atau “dampak perang” di Timur Tengah pada kuartal kedua 2024, dengan hasil yang mengecewakan secara keseluruhan. Pernyataan ini menandakan adanya boikot konsumen yang muncul pada akhir 2023 di tengah gelombang kemarahan publik akibat dukungan Amerika Serikat terhadap perang Israel di Gaza.

Pada 6 Agustus, restoran KFC mengumumkan penurunan penjualan sebesar 3% pada kuartal kedua. CEO YUM Brands, pemilik KFC, mengaitkan penurunan ini sebagian besar dengan penurunan penjualan di beberapa pasar terkait akibat “konflik di Timur Tengah,” serta kinerja yang lemah di Amerika Serikat.

Secara umum, perusahaan-perusahaan yang terkena dampak boikot tidak mengungkapkan banyak detail tentang bagaimana boikot tersebut memengaruhi citra mereka secara keseluruhan. Namun, boikot ini bergabung dengan tantangan lain yang memengaruhi laba akhir mereka dan berkontribusi pada gangguan industri, menurut Samuel Wendell.

Sebagai contoh, Starbucks memecat CEO-nya, Laxman Narasimhan, pada 13 Agustus dan menggantinya dengan Brian Niccol dari Chipotle.

Meskipun boikot regional terutama menargetkan merek-merek Amerika yang memiliki hubungan dengan Israel, dampaknya juga dirasakan oleh mitra waralaba lokal. Sebagai ilustrasi, KFC memiliki lebih dari 1.000 gerai di Timur Tengah dan Afrika Utara yang dioperasikan oleh Americana Restaurants yang berbasis di UEA. Pada 30 Juli, Americana melaporkan penurunan laba bersih sebesar 41% pada kuartal kedua, yang mendorong perusahaan untuk memperlambat rencana ekspansi mereka pada 2024.

Menurut laporan tersebut, dengan mendekatnya perang di Gaza yang hampir setahun, tampaknya reaksi keras konsumen tidak akan mereda pada paruh kedua tahun ini. Hal ini memaksa perusahaan multinasional besar untuk menghadapi tantangan regional yang tidak mudah diatasi.

McDonald’s

Pada 29 Juli, McDonald’s melaporkan penurunan penjualan sebesar 1% secara global pada kuartal kedua, yang merupakan penurunan triwulanan pertama sejak 2020. Ini termasuk penurunan 1,3% di sektor pasar berlisensi internasional.

Perusahaan menyalahkan “dampak berkelanjutan dari perang di Timur Tengah” serta kinerja di China. Pada kuartal kedua 2023, sektor ini mencatat kenaikan 14% dengan penjualan regional yang kuat.

CEO McDonald’s mengakui pada Januari bahwa banyak pasar regional mengalami “dampak nyata pada bisnis” akibat boikot. Pada Februari, perusahaan gagal mencapai target penjualan triwulanan pertama mereka dalam beberapa tahun, dan hingga saat ini, saham perusahaan turun sekitar 9% tahun ini.

Cabang McDonald’s di Israel memicu kemarahan di dunia Arab pada Oktober lalu setelah menyediakan ribuan makanan gratis untuk tentara Israel, yang memicu reaksi dari perusahaan. Pada April, McDonald’s mengumumkan akan membeli semua restoran waralaba lokal dari perusahaan operator Israel, Alonyal Ltd.

Starbucks

Pada 30 Juli, Starbucks melaporkan penurunan penjualan toko global sebesar 3% pada kuartal ketiga 2024, dan penurunan penjualan sebesar 7% sepanjang tahun ini.

Setelah melaporkan penurunan penjualan triwulanan pertama mereka sejak 2020 pada April, mantan CEO Starbucks, Laxman Narasimhan, mengindikasikan adanya boikot dengan menyebut “tantangan berkelanjutan di Timur Tengah, Asia Tenggara, dan beberapa bagian Eropa yang dipicu oleh kesalahpahaman luas tentang merek kami.”

Saham Starbucks turun sekitar 17% tahun ini hingga mereka mengganti CEO-nya, yang kemudian mendorong kenaikan 24% pada 13 Agustus.

Starbucks memiliki lebih dari 1.900 gerai di 11 pasar di Timur Tengah dan Afrika Utara, yang dioperasikan oleh Alshaya Group yang berbasis di Kuwait. Pada Maret lalu, Reuters melaporkan bahwa Alshaya berencana melakukan PHK lebih dari 2.000 orang akibat tekanan boikot, terutama pada waralaba Starbucks.

YUM! Brands

Perusahaan pemilik Taco Bell, KFC, dan Pizza Hut ini melaporkan penurunan penjualan global sebesar 1% pada kuartal kedua.

CEO David Gibbs menyatakan pada konferensi keuangan perusahaan pada 6 Agustus bahwa “dampak konflik di Timur Tengah, serta konsumen yang lebih sadar biaya, menciptakan tantangan terhadap penjualan toko yang sama.”

CFO perusahaan, Chris Turner, menyoroti “ketidakpastian mengenai jalur masa depan di pasar Timur Tengah,” dengan sekitar 210 restoran ditutup sementara di Timur Tengah, Malaysia, dan Indonesia.

Meski begitu, perusahaan tetap optimis dengan proyeksi pertumbuhan unit sebesar 5% sepanjang tahun 2024, meskipun ada dampak konflik di Timur Tengah. Saham perusahaan telah naik sekitar 7% tahun ini.

Americana Restaurants

Dampak keuangan lebih terasa bagi mitra waralaba regional YUM, Americana, yang mengoperasikan sekitar 400 restoran Pizza Hut, bersama dengan Krispy Kreme, Baskin Robbins, dan lainnya.

Pada 30 Juli, Americana melaporkan penurunan pendapatan kuartal kedua sebesar 14,2% dan penurunan laba bersih sebesar 40,1% dibandingkan kuartal kedua 2023.

Perusahaan menyalahkan penurunan penjualan ini pada “situasi geopolitik regional yang berkelanjutan.”

Dampak ini mempengaruhi strategi ekspansi mereka; pada kuartal pertama, perusahaan berencana membuka 200-225 gerai baru pada 2024, namun pada kuartal kedua, mereka mengurangi jumlah tersebut menjadi 174-185. Saham Americana turun sekitar 16% pada 2024.

Perusahaan Minuman Raksasa

PepsiCo melaporkan bahwa cabangnya di Mesir mengalami pertumbuhan pendapatan lebih dari 10% pada kuartal kedua, meskipun tidak merinci angka tersebut.

Sementara itu, Coca-Cola melaporkan bahwa volume penjualan di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika tetap stabil pada kuartal kedua.

CEO Coca-Cola, James Quincey, menyatakan bahwa “ketegangan geopolitik dan ketidakpastian ekonomi di Eurasia dan Timur Tengah terus mempengaruhi bisnis kami. Kami bekerja erat dengan mitra lokal untuk menghadapi tantangan ini sambil tetap berinvestasi untuk jangka panjang.”

Makanan Ringan, Sampo, dan Perawatan Kulit

Merek-merek utama barang konsumsi terus menghadapi boikot; pada 30 Juli, Procter & Gamble melaporkan penjualan bersih sebesar $84 miliar untuk tahun fiskal 2024, naik 2% dari 2023, namun mencatat adanya masalah di Timur Tengah.

CFO Procter & Gamble menyebutkan bahwa “tren konsumsi di beberapa pasar Eropa dan Asia-Pasifik serta Timur Tengah dan Afrika, seperti Mesir, Arab Saudi, Turki, Indonesia, Malaysia, dan Rusia, tetap lemah.”

Pada 2023, sekitar 5% dari penjualan bersih Procter & Gamble berasal dari India, Timur Tengah, dan Afrika.

Hasil kuartal kedua Unilever menunjukkan bahwa pertumbuhan di Asia Tenggara terpengaruh oleh penurunan penjualan sebesar 5,7% di Indonesia, di mana “beberapa konsumen menghindari merek-merek dari perusahaan multinasional sebagai respons terhadap situasi geopolitik di Timur Tengah,” kata perusahaan tersebut.

Nestle melaporkan bahwa penjualan di wilayah Afrika, Oseania, dan Asia menurun 6,8% pada paruh pertama 2024. CEO perusahaan menyatakan bahwa mereka “melihat adanya keengganan konsumen di beberapa pasar terpilih akibat situasi politik di Timur Tengah.”

Namun, CEO tersebut juga menyatakan bahwa mereka “tidak melihat bahwa situasi akan memburuk pada tahap ini.”

Boikot di Laut Merah

Laporan Samuel Wendell juga menyoroti pernyataan perusahaan Maersk bahwa gangguan di Laut Merah yang mempengaruhi perdagangan global akan terus berlanjut hingga 2025. Perusahaan pengiriman raksasa asal Denmark ini memperbarui panduan keuangan mereka untuk seluruh tahun 2024 pada 1 Agustus, namun juga melaporkan penurunan pendapatan sebesar 2% dan penurunan laba sebesar 40% secara tahunan menjadi $963 juta.

Meski demikian, Maersk meningkatkan perkiraan pertumbuhan volume pasar kontainer global pada 2024 dari 4% hingga 6%, dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,5% hingga 4,5%.

CEO Maersk, Vincent Clerc, menyatakan saat mengumumkan hasil keuangan: “Permintaan pasar kuat, dan seperti yang kita semua lihat, situasi di Laut Merah masih berlanjut, yang menyebabkan tekanan berkelanjutan pada rantai pasokan global.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here