Spirit of Aqsa- Surat kabar Haaretz menyatakan bahwa pesan peringatan yang dikeluarkan oleh Komite Investigasi Pemerintah terkait “Kasus Kapal Selam” seharusnya ditujukan kepada orang yang berada di puncak hierarki pemerintahan, yaitu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Ini menunjukkan adanya perilaku menyimpang yang serius, menambah daftar panjang tuduhan dan kegagalannya.

Haaretz menyoroti keputusan komite pemerintah yang menginvestigasi kasus kapal selam untuk mengirimkan pesan tersebut kepada Netanyahu, mantan Kepala Dewan Keamanan Nasional Yossi Cohen, mantan Menteri Pertahanan Moshe Ya’alon, mantan Komandan Angkatan Laut Ram Rothberg, dan Ketua Dewan Keamanan Nasional Avner Samchoni, karena peran mereka dalam kasus tersebut. Menurut Haaretz, hal ini seharusnya mengguncang dasar-dasar pemerintahan.

Menanggapi isi pesan tersebut, Haaretz menyebutkan bahwa pesan tersebut penuh dengan tuduhan keras terhadap Netanyahu dan Cohen. Hal ini menimbulkan keheranan karena Netanyahu, yang dituduh melakukan tindakan yang sangat serius, masih tetap menjabat (berbeda dengan yang lain). Selama delapan bulan terakhir, ia bahkan memimpin perang yang tampaknya tidak akan segera berakhir, sesuatu yang menurut Haaretz sangat mengkhawatirkan bagi setiap warga Israel dan seharusnya membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak selama ia masih berkuasa.

Haaretz memasukkan dalam editorialnya kutipan dari laporan Komite Investigasi yang menyatakan, “Perilaku Tuan Netanyahu menyebabkan gangguan yang mendalam dan sistematis dalam proses kerja dan pembangunan kekuatan, merusak mekanisme pengambilan keputusan dalam serangkaian isu sensitif… Dengan tindakannya ini, ia membahayakan keamanan nasional, merusak hubungan luar negeri, dan kepentingan ekonomi Negara Israel.”

Haaretz menunjukkan bahwa meskipun pernyataan ini merujuk pada perilaku Netanyahu sebagai Perdana Menteri antara tahun 2009 dan 2016, resonansinya terdengar sekarang karena pola perilakunya dalam perang di Gaza dan kemungkinan pembukaan front baru di utara dengan Hizbullah.

Kesimpulannya, menurut Haaretz, adalah bahwa Netanyahu “yang terbukti secara pribadi bertanggung jawab atas bencana Gunung Meron dan yang didakwa atas tuduhan suap, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan, kini diperingatkan bahwa ia merusak keamanan negara dalam kasus kapal selam. Jika ia memiliki rasa hormat pada diri sendiri atau minimal rasa tanggung jawab, ia seharusnya sudah mengundurkan diri. Namun, karena ia tidak tahu malu, ia harus didorong keluar dari jabatannya.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here