Spirit of Aqsa, Palestina- Perdana Menteri Zionis Israel, Benjamin Netanyahu, sudah bolak-balik rumah sakit karena masalah kesehatan. Kabar terbaru, Netanyahu dipasangi alat pacu jantung setelah sebelumnya sempat dirawat lantaran dehidrasi.

“Seminggu yang lalu saya dipasangi alat pemantau. Alat itu berbunyi bip. Malam ini saya harus menerima alat pacu jantung dan saya harus melakukannya malam ini. Saya merasa baik, tapi saya perlu mendengarkan dokter saya,” kata Netanyahu dalam video yang dirilis kantor perdana menteri Israel, dikutip Reuters, Senin (24/7/2023).

Netanyahu menjalani prosedur di Pusat Medis Sheba di Tel HaShomer. Netanyahu sebelumnya dirawat semalam di sana pada 15 Juli lalu akibat dehidrasi karena berlibur di Laut Galilea, tanpa melindungi dirinya dari gelombang panas.

Pada 16 Juli, pihak rumah sakit kemudian mengonfirmasi diagnosis tentang dehidrasi dan mengatakan tes tambahan yang melibatkan monitor holter subkutan, telah melaporkan Netanyahu dalam kondisi jantung yang lengkap.

Namun, perangkat medis tersebut akan memungkinkan tim medisnya untuk terus memantau kesehatannya. Selama menjalani pengobatan, pekerjaannya akan digantikan sementara oleh Menteri Kehakiman Yariv Levin.

Sementara itu, Netanyahu menghadapi krisis domestik dalam rekor masa jabatan keenamnya sebagai perdana menteri. Masyarakat Israel malkukan aksi unjuk rasa karena pemerintah ngotot meloloskan undang-undang untuk merombak sistem peradilan.

Melalui perubahan itu, Netanyahu berencana memberikan kendali lebih banyak kepada politikus, sementara wewenang Mahkamah Agung dikerdilkan. Netanyahu dan para pendukungnya berdalih bahwa saat ini, Mahkamah Agung sudah menjadi institusi yang berisi para elite dan tak mewakili kepentingan rakyat.

Namun, sebagian warga lainnya menolak amandemen itu. Menurut mereka, perombakan sistem peradilan itu mencoreng demokrasi di “Israel”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here