Spirit of Aqsa- Dua analis politik sepakat bahwa Israel akan berusaha melakukan pemerasan politik setelah insiden penembakan di pos perbatasan Jembatan Allenby antara Yordania dan Tepi Barat yang diduduki, meskipun insiden tersebut bersifat individu.

Menurut Direktur Pusat Studi Politik Al-Quds, Arib al-Rantawi, jalur pemerasan Israel tidak akan berhenti, dengan seruan yang semakin meningkat untuk pemukiman di Lembah Yordan dan aneksasi wilayah tersebut ke bawah kedaulatan Israel, serta penerapan hukuman kolektif terhadap penduduk Tepi Barat dan jalur perdagangan serta mobilitas.

“Israel akan mempercepat rencana Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant untuk membangun Koridor Philadelphia Timur di sepanjang perbatasan Yordania-Israel, dan membentuk pasukan bersenjata yang akan ditempatkan di sepanjang perbatasan tersebut,” ujar Al-Rantawi, Senin (9/9/2024).

Pemerasan Israel tidak akan berhenti di situ saja; al-Rantawi menyatakan bahwa Israel akan meningkatkan tekanannya terhadap Yordania untuk melakukan lebih dari sekadar situasi saat ini dalam mengendalikan perbatasan.

Dia juga mencatat bahwa Israel dianggap sebagai ancaman eksistensial bagi Palestina dan Yordania, di mana Yordania secara terbuka menyatakan bahwa pengusiran penduduk Palestina dari Tepi Barat adalah deklarasi perang, dan menunjukkan dukungan pemerintah Israel untuk serangan ke Masjid Al-Aqsa serta ancaman terhadap pemeliharaan Yordania.

Al-Rantawi menambahkan bahwa ada kebijakan resmi Israel yang mengarahkan permusuhan terhadap Yordania, bukan hanya terhadap Palestina, sementara Amman menyadari bahwa setiap skenario yang mengesampingkan pembentukan negara Palestina yang layak akan mendorong sayap kanan Israel untuk menyelesaikan masalah Palestina di luar Palestina dan mengorbankan negara lain.

Kelemahan Israel

Sementara itu, akademisi dan pakar urusan Israel, Dr. Muhannad Mustafa, menyatakan bahwa Israel menghadapi kelemahan politik, keamanan, dan militer, dengan menghubungkan setiap operasi — baik yang memiliki motivasi pribadi maupun rasa ketidakadilan — dengan Iran, yang menunjukkan keterbatasan kekuatan Tel Aviv.

Menurut Mustafa, Israel telah mencoba menenangkan salah satu front yang aktif, hanya untuk terkejut dengan munculnya front kedua yang terbakar oleh operasi yang terorganisir atau individu, menegaskan bahwa Israel tidak dapat menangani semua ancaman hanya dengan kekuatan.

Mustafa menambahkan, “Front Tepi Barat mengalami operasi individu, tetapi Israel terburu-buru untuk mengalihkan perhatian dari kelemahannya dengan menuduh pihak lain, yang membuktikan kegagalan pemerintah Netanyahu dalam menyediakan keamanan bagi warga Israel.”

Dia juga mengingatkan bahwa sayap kanan Israel gagal mencapai keamanan setelah mendominasi arena politik setelah Perjanjian Oslo dan Intifada Kedua, dengan klaim bahwa mereka adalah satu-satunya yang mampu memberikan keamanan melalui kebijakan “apa yang tidak bisa diselesaikan dengan kekuatan, akan diselesaikan dengan lebih banyak kekuatan.”

Alasan Insiden

Tentang alasan insiden penembakan di Jembatan Allenby, al-Rantawi menjelaskan bahwa operasi tersebut adalah tindakan individu dengan senjata sederhana dan mencerminkan kemarahan di kalangan orang Yordania, bukan seperti yang diklaim oleh pemimpin Israel bahwa itu didorong oleh Iran.

Dia menggarisbawahi hubungan sejarah, geografis, dan keturunan antara Yordania dan Palestina yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari, yang katanya jarang terjadi.

Al-Rantawi menegaskan bahwa rakyat Yordania mengalami ketegangan sejak 7 Oktober 2023, dengan kota-kota dan desa-desa di Yordania terus menerus melakukan demonstrasi, protes, dan pengumpulan dana sebagai kecaman terhadap perang Israel di Gaza dan dukungan bagi rakyat Palestina serta penderitaan mereka.

Di sisi lain, Mustafa mengatakan bahwa Israel tidak memikirkan penyebab dan akar krisis, melainkan dengan pola pikir kolonial yang berfokus pada peningkatan penindasan dan pemukiman, menambahkan bahwa pemerintahan Netanyahu mengejar tujuan politik dan ideologis, dengan perang Gaza menjadi agenda untuk sayap kanan pemukim.

Menanggapi rencana Israel untuk membuka kembali pos perbatasan darat dengan Yordania pada pagi hari Senin, Mustafa mengatakan bahwa penutupan pos internasional menunjukkan kelemahan Israel dan bahwa negara tersebut berusaha memberikan kesan bahwa segalanya dalam kendali.

Kedua tamu sepakat bahwa tidak ada peluang untuk perjanjian gencatan senjata di Gaza dan pertukaran tahanan, karena Israel menginginkan pendudukan jangka panjang di Gaza dan berupaya memperpanjang perang hingga pemilihan presiden Amerika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here