Spirit of Aqsa, Palestina- Para analis dan mantan anggota Knesset Israel berpendapat, alasan berlanjutnya perang di wilayah Gaza adalah  untuk menjaga kestabilan koalisi pemerintahan dan agar Benjamin Netanyahu tetap berkuasa, sambil menutupi kegagalan dan kekerasan pemerintah.

Yair Golan, mantan anggota Knesset menyoroti alasan keteguhan Netanyahu dalam melanjutkan perang. Dia menyebut Netanyahu merupakan koruptor dan ekstremis.

Manajemen perang yang jujur tidak dapat berada di tangan orang-orang yang korup dan ekstremis, yang tujuannya hanyalah melanjutkan perang, memperburuk bencana, dan menyembunyikan diri di bawah payung keadaan darurat untuk menutupi kegagalan dan kekerasan mereka,” kata Golan, dikutip Channel 12 Israel, Selasa (2/1).

Sementara itu, Guy Peleg, seorang reporter analis hukum di Channel 12, mengkritik keteguhan Netanyahu dalam melanjutkan perang, menunjukkan bahwa dalam setiap pertemuan kabinet kecil, tujuan perang di Gaza selalu diumumkan sebagai “mengakhiri perlawanan Islam (Hamas) dan menghancurkan kapabilitas militer mereka, mengembalikan tawanan, dan tujuan-tujuan tambahan, tetapi Netanyahu melihat tujuan tambahan untuk menjaga koalisinya dan mempertahankan kekuasaannya.”

Dia menambahkan bahwa “Netanyahu membahayakan Israel karena selalu memprioritaskan pertimbangan politiknya daripada pertimbangan militer,” dan dia tidak ingin membuat marah Menteri Keamanan Nasional, Yitshak Ben Gvir, dan Menteri Keuangan, Avigdor Smotrich.

Dalam sesi diskusi di Channel 13, Itzik Horn -yang memiliki anak yang ditahan oleh perlawanan Palestina di Gaza- mengacu pada pembicaraan para pejabat Israel tentang tekanan terus-menerus pada Hamas, dan ketika mereka melihat tidak ada opsi lain, para pengunjuk rasa menjadi aset strategis yang harus dijaga.

Horn bertanya tentang harga yang akan dibayar pemerintah yang, menurutnya, telah mengabaikan mereka sejak 7 Oktober untuk membebaskan tawanan perlawanan Palestina di Gaza, dan berkata, “Apa harga tawanan?”

Sementara itu, Avi Kara, mantan wakil menteri, menegaskan penentangannya terhadap mengakhiri perang di Gaza “sebelum kita benar-benar menghancurkan Hamas,” tetapi ia mengatakan -seperti yang dilaporkan oleh Channel13- bahwa Israel berkewajiban untuk mengembalikan semua tawanan ke rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here