Spirit of Aqsa, Palestina- Teroris Israel dalam beberapa hari terakhir secara khusus menargetkan dua lokasi warga sipil mengungsi, yakni Kamp Bureij dan Maghazi, Jalur Gaza. 

Pada Selasa (26/12), teroris mengumumkan dimulainya serangan baru terhadap kamp Bureij dengan memasukkan pasukan Divisi ke-36 yang memulai serangan di tengah-tengah Jalur Gaza.

Warga sipil yang berusaha mencari tempat berlindung dari kejahatan genosida yang dilakukan oleh teroris Israel di utara Gaza menceritakan kisah-kisah tragis saat mencoba menghindari kematian. 

Teroris Israel tetap mengejar, mengusir, dan membunuh mereka dalam serangkaian kejahatan dan kekejaman yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah.

Muhammad Abu Haya (38 tahun), mengungsi dari daerah Safatiwi di utara Jalur Gaza ke Kota Gaza, lalu mengungsi kembali ke kamp Bureij, dan kemudian ke kamp Nusairat. Saat ini, dia mencari tempat untuk menampung keluarganya di Kota Deir al-Balah atau kampnya di tengah-tengah Jalur Gaza.

“Kami kehilangan sejumlah pengungsi dari utara Jalur Gaza yang selamat dari pembantaian di utara, hanya untuk dikejar oleh kematian dalam pembantaian di tengah,” kata Abu Haya, dikutip dari Al-Araby Al-Jadiid, Rabu (27/12).

“Saudara perempuanku dan anak-anaknya terluka pada hari Senin, dan mereka sekarang menjadi pengungsi bersama keluargaku yang terdiri dari tujuh orang, termasuk seorang anak berusia 3 bulan yang diberikan rezeki beberapa hari sebelum dimulainya serangan, dan saya tidak mampu menyediakan apa pun untuknya,” lanjutnya. 

Ahmad Judah (34 tahun) selamat dari pembantaian di kamp Maghazi pada 25 Desember, dan beberapa anggota keluarganya terluka. Dia berjalan tanpa alas kaki sampai mencapai Jalan Salah al-Din, lalu menunggu keluarganya tiba di salah satu toko yang kosong.

“Wilayah timur kamp Maghazi kini kosong. Rumah saya di kamp itu menampung lebih dari 100 orang, sebagian besar dari mereka adalah kerabat pengungsi dari Kota Gaza. Sepuluh di antaranya terluka, dan salah satunya mengalami luka serius. Pendudukan tidak ingin kamp pengungsian menerima pengungsi, jadi rencananya adalah mengusir mereka dari wilayah Gaza,” kata Judah.

Infrastruktur yang Buruk dan Krisis Bencana

Kondisi kemanusiaan di dalam kamp Bureij dan Maghazi sulit akibat serangan Israel, dengan infrastruktur yang buruk dan kepadatan penduduk yang tinggi, membuat penerimaan lebih banyak pengungsi menjadi bencana.

Penduduk kamp-kamp tersebut mengalami kekurangan makanan sejak awal, dan UNRWA menyumbangkan beberapa bantuan yang baru tiba ke daerah pusat Jalur Gaza. Namun, banyak dari mereka yang tidak mendapatkan bantuan tersebut yang tiba beberapa hari sebelum serangan terakhir pendudukan.

Abu Al-Ainin, yang mengungsi dari rumahnya di Tel al-Hawa di Kota Gaza ke kamp Nusairat, mengatakan, “Pendudukan menggunakan kebijakan membunuh warga sipil untuk mengosongkan wilayah Gaza dan mempermudah pendudukan wilayah tersebut.” 

“Penduduk kamp Bureij menyambut saya, dan saya adalah salah satu pengungsi yang melarikan diri berkali-kali, dan banyak pengungsi yang bersama kami tidak tahu nasib mereka.”

“Kami yakin sebagian dari mereka telah syahid, dan mayat mereka masih di bawah puing-puing di sekolah UNRWA di kamp Bureij, yang ditinggalkan oleh banyak pengungsi. Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak memiliki nilai bagi pendudukan dan tidak dapat melindungi siapa pun.”

Sabuk Api dan Serangan Artileri

Teroris Israel meningkatkan serangan udara dan artileri di kamp Bureij dan Maghazi di pusat Jalur Gaza dalam beberapa hari terakhir, dan meluncurkan sabit api pada blok-blok perumahan padat penduduk, menyebabkan pembantaian yang menewaskan ratusan syuhada dan melukai banyak lainnya, terutama di tengah kamp Bureij dan di utara dan selatan kamp Maghazi.

Jumlah penduduk kedua kamp tersebut mencapai sekitar 90 ribu pengungsi Palestina, menurut statistik Badan Bantuan dan Pekerjaan untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). 

Selama serangan Israel, puluhan ribu orang mengungsi ke kamp-kamp tersebut untuk tinggal di rumah-rumah pengungsi dan sekolah UNRWA, sebelum wilayah pusat Jalur Gaza menghadapi pengepungan Israel setelah pendudukan menembus Jalan Salah al-Din dan memisahkannya dari wilayah utara dan selatan.

Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza mengungkapkan bahwa pendudukan melakukan sekitar 50 pembantaian di berbagai provinsi Jalur Gaza selama 48 jam terakhir, dan pembantaian tersebut terfokus di kamp Bureij dan Maghazi. 

Jumlah korban di keduanya mencapai sekitar 250 syuhada dan ratusan luka-luka, beberapa di antaranya sampai di Rumah Sakit Syuhada al-Aqsa di Kota Deir al-Balah dan kompleks medis Nasser di Kota Khan Yunis, sementara yang lain masih tertimbun di bawah puing-puing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here