Spirit of Aqsa, Palestina- Palestina telah merayakan Idul Fitri 1444 H pada Jumat, 21 April 2023. Suasana Idul Fitri sudah mulai terasa sejak Kamis sore (20/4). Warga Palestina berbondong-bondong mengadakan rukyatul hilal di berbagai titik, seperti di Masjid Al-Aqsa dan Gaza.

Pada malam hari, warga Palestina ramai-ramai turun ke jalan untuk takbiran. Meski perayaan tersebut mendapat sejumlah intimidasi dari penjajah Israel, seperti penangkapan pemuda Palestina. Meski begitu, warga Palestina tetap menyambut Idul Fitri dengan suka cita.

Di Masjid Al-Aqsa, Palinfo melaporkan sekitar 250 ribu umat Islam melaksanakan Shalat Id di kiblat pertama umat Islam tersebut. Umat Islam melaksanakan Shalat Id dengan khusyuk. Mulai dari orang tua, wanita, hingga anak-anak berkumpul di halaman Al-Aqsa untuk mengikuti rangkaian Idul Fitri.

Di Gaza pun demikian. Idul Fitri disambut begitu meriah. Pasar-pasar ramai dengan pernak-pernik Idul Fitri. Jalanan dipenuhi hiasan. Pemuda-pemuda Gaza turun ke jalan melakukan takbiran. Mereka meneriakkan asma Allah sebagai tanda kemenangan umat Islam di seluruh dunia.

Sebelumnya, Mufti Agung Yerusalem Syaikh Muhammad Husein mengumkan, Idul Fitri 1 Syawwal 1444 jatuh pada hari Jumat (21/4).

“Dalam pertemuan yang diadakan oleh Dar Al Iftaa Palestina di Masjid Al-Aqsa untuk menerima laporan laporan hasil pemantauan hilal awal Syawal tahun 1444 H, telah terlihat hilal awal Syawwal Kamis sore, jadi Jumat adalah hari pertama Idul Fitri,” ujar Syaikh Husein. Seperti dilaporkan Sama News.

“Dari Masjid Al-Aqsa yang diberkahi, yang pertama dari dua kiblat, yang kedua dari dua masjid, dan jalan Isra Rasulullah Muhammad, kami mengucapkan selamat kepada umat Islam di timur dan barat bumi, dan kami mengucapkan selamat kepada rakyat Palestina kami di tanah air dan diaspora, atas datangnya hari raya ini,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here