Spirit of Aqsa– Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan, jumlah syuhada di Tepi Barat sejak 7 Oktober 2023 mencapai 716 orang. Ini terjadi bersamaan dengan penggerebekan dan penangkapan yang dilakukan oleh pasukan Israel di berbagai wilayah Tepi Barat.

Di antara para syuhada terdapat 160 anak-anak, 10 wanita, dan 9 orang lanjut usia. Selain itu, sekitar 5.750 orang mengalami luka-luka.

“Seorang pemuda, Yasser Raed Muteir, dari kamp pengungsi Qalandiya, syahid akibat luka-luka yang dideritanya selama penggerebekan oleh pasukan  Israel di sekitar kamp pada Jumat,” ujar seorang sumber medis, dikutip Al Jazeera, Sabtu (21/9/2024).

Di Nablus, utara Tepi Barat, beberapa warga Palestina mengalami sesak napas akibat gas air mata saat tentara pendudukan membubarkan demonstrasi mingguan menentang permukiman di desa Beita.

Pasukan Israel juga menggerebek desa Tal di barat daya kota Nablus dengan menembakkan peluru secara acak, yang memicu bentrokan dengan warga Palestina. Mereka juga menginvasi lingkungan Iraq al-Taiha di dalam kota dan menggeledah sebuah gedung perumahan.

Pasukan Israel juga menggerebek kota Yabed di Jenin, menyerbu beberapa rumah dan menempatkan penembak jitu di atap-atap bangunan di lingkungan utara, serta menangkap dua pemuda setelah menggerebek rumah keluarga mereka.

Pasukan Israel melepaskan tembakan peluru hidup serta gas air mata dan granat suara ke arah warga Palestina dan rumah mereka.

Penangkapan di Hebron

Di Hebron, tentara Israel menangkap tiga warga dan menyita kendaraan di desa Idna.

Di sisi lain, media Israel melaporkan adanya serangan tembakan yang ditujukan ke bus permukiman di dekat kota Jenin, utara Tepi Barat, pada pagi ini, yang mengakibatkan kerusakan pada bus tersebut. Pasukan besar tentara Israel segera melakukan penggerebekan di area tersebut.

Di kamp Shufat, utara Al-Quds, terjadi bentrokan dengan pasukan Israel, di mana tentara melepaskan tembakan peluru hidup dan gas air mata ke arah warga.

Al Jazeera melaporkan, pasukan Israel juga menggerebek desa Bir Zeit dan Turmus’ayya di utara Ramallah, serta kamp Qalandiya di utara Yerusalem. Mereka juga melakukan penangkapan dan penyitaan rekaman kamera pengawas di desa Kafr Laqif di Qalqilya.

Pasukan Israel telah menangkap dua pemuda di Bab Al-Silsilah di Al-Quds.

Di sisi lain, jumlah korban jiwa akibat operasi militer pendudukan di kota Qabatiya, selatan provinsi Jenin, meningkat menjadi 7 syahid dan 12 luka-luka. 

Operasi tersebut melibatkan penggerebekan beberapa rumah yang dijadikan pos militer dan penangkapan di kota tersebut, sebelum pasukan pendudukan menarik kembali kendaraan dan tentaranya pada Kamis malam.

Ini adalah penggerebekan kedua di Qabatiya dalam dua hari, setelah sebelumnya tentara Israel menginvasi kota tersebut pada Rabu lalu, mengepung sebuah rumah dan menangkap seorang warga Palestina sebelum menarik diri pada hari yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here