Spirit of Aqsa- Mantan Perdana Menteri Israel, Ehud Barak, mengkritik kebijakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, terutama dalam hubungannya dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Dalam wawancara dengan CNN, Barak mengatakan, “masalah dalam hubungan kita dengan Amerika Serikat bukan Joe Biden dan pemerintahan Demokrat, tetapi Netanyahu sendiri.”

Barak menjelaskan, “dari setiap 5 warga Israel, 4 menyalahkan Netanyahu atas insiden 7 Oktober,” dan meminta agar “tidak mempercayai pidato Netanyahu di hadapan Kongres” karena “orang Amerika tidak memiliki alat yang diperlukan untuk memahami bahwa dia menyesatkan mereka,” katanya.

Terkait hal ini, Ketua Bidang Internasional di Institut Kebijakan dan Strategi Israel, Shay Har Tsvi, mengatakan bahwa “Netanyahu harus mempertimbangkan bahwa Wakil Presiden Biden, Kamala Harris, yang mungkin menjadi penerusnya, adalah pendukung Israel tetapi bisa lebih kritis terhadap kita dan kurang berkomitmen secara pribadi dan emosional dibandingkan Biden.”

**Pertemuan Pertama**

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan akan menerima Perdana Menteri Israel Netanyahu pada Kamis di Gedung Putih. Pertemuan ini adalah yang pertama antara keduanya di Gedung Putih sejak Netanyahu membentuk pemerintahannya setahun setengah yang lalu. Menurut pernyataan dari Gedung Putih, Biden akan membahas perang di Gaza, kemajuan dalam negosiasi gencatan senjata, dan pertukaran tahanan dengan Netanyahu.

Pertemuan ini juga merupakan yang pertama sejak kunjungan Biden ke Israel pada Oktober tahun lalu setelah pertempuran Badai Al-Aqsa.

Mengomentari hubungan antara kedua pemimpin, saluran ke-13 Israel, yang dikenal menentang kebijakan Netanyahu, mengatakan bahwa “jika kita akan berbeda pendapat, lebih baik melakukannya dengan sopan di ruangan tertutup, bukan di depan kamera.” Saluran tersebut juga menekankan bahwa Israel harus “belajar bahwa ke mana pun kita pergi, lebih baik melakukannya dengan dukungan dan di samping Amerika Serikat.”

Hubungan antara Biden dan Netanyahu mengalami ketegangan baru-baru ini setelah Netanyahu menolak semua inisiatif untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza. Biden juga menunda pengiriman beberapa senjata ke Israel, yang secara terbuka dikritik oleh Netanyahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here